Rabu, 02 Juli 2014

Welcome to Simeulue

Diposkan oleh Hastanti S Putri di 11.00 0 komentar Link ke posting ini
Finally sampai juga ke Simeulue, Pulau kecil di Ujung Barat Daya Indonesia. Tidak terasa juga sudah 1 bulan saya disini. Well, saya akan berbagi informasi tentang pulau kecil ini. Tidak banyak yang menulis tentang Simeulue, dan rata-rata informasi tersebut sudah lama, karena tidak banyak juga orang yang datang kesini. Tapi bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kalian tertarik datang kesini dan mengunjungi surga bahari di Simeulue.

Ketika menginjakkan kaki pertama kali di provinsi Aceh

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan informasi mengenai transportasi menuju pulau ini. Pada saat saya pertama kali datang kesini, jalur yang saya ambil adalah jalur udara menuju banda aceh dari Jakarta (karena tugas dinas, maka harus melalui banda aceh), kemudian menuju simeulue melalui jalur laut dengan menggunakan kapal dari Labuhan Haji. Kapal tidak berangkat setiap hari, oleh sebab itu jika ingin menggunakan jalur laut, maka harus mencari informasi terlebih dahulu kapan saja jadwal keberangkatan kapal.

Alternatif transportasi pertama adalah melalui jalur darat dan laut. Jalur darat dari banda aceh ke pelabuhan labuhan haji ditempuh dalam waktu 7 jam, dan jalur laut 8 jam, total 15 jam perjalanan. Untuk jalur darat dari banda aceh ke labuhan haji dapat menggunakan travel dengan biaya Rp 150.000,-. Jangan khawatir mengenai medan jalan disini, karena jalan raya dari banda aceh menuju labuhan haji seperti melewati jalan tol, halus, tidak ada lobang dan sepi, bahkan menurut saya lebih bagus daripada jalan tol di jakarta.

It's time to go to Simeulue

Setelah sampai di labuhan haji, bisa membeli tiket di loket pelabuhan. Tiket cukup murah, hanya Rp 45.000,- untuk kelas ekonomi, Rp 55.000,- untuk kelas bisnis dan Rp 65.000,- untuk kelas VIP. Saya akan jelaskan perbedaannya, untuk kelas ekonomi, tidak ada ac, dan duduk di bangku di luar. Untuk kelas Bisnis, ada AC (walau tidak selalu menyala di sepanjang perjalanan) dan tempat tidur seperti asrama, walaupun bukan dari kasur busa dan hanya dari papan tapi cukup nyaman untuk tidur rebahan setelah capek diperjalanan seharian. Untuk kelas VIP ada AC, tetapi bukan tempat tidur yang disediakan, melainkan bangku yang lebih besar dari kelas ekonomi, dan disediakan pemandangan langsung ke luar deck. Tetapi menurut saya, yang paling enak adalah kelas bisnis, karena kalian bisa tidur dengan lelap, sehingga perjalanan lama pun tidak begitu terasa.

Untuk jalur darat dan laut yang pertama sudah saya jelaskan, ada lagi alternatif berikutnya melalui Medan dan pelabuhan Singkil. Jarak tempuh menurut informasi yang saya himpun tidak begitu jauh berbeda dengan melalui labuhan haji, hanya berbeda 1 jam saja. Dan harga tiket kapal, berbeda lebih mahal Rp 10.000,- dari harga tiket kapal melalui labuhan haji. Selain itu waktu keberangkatan kapal hanya 2 kali dalam 1 minggu. Tetapi menurut pengalaman teman saya, perjalanan kapal dari medan tidak begitu ramai, sehingga nyaman untuk istirahat.

Jadwal Keberangkatan Kapal dari dan ke Labuhan Haji maupun Singkil

Alternatif berikutnya adalah jalur udara, ini bisa menjadi alternatif kedua jika kalian punya biaya lebih dan ingin hemat waktu perjalanan. Dahulu terdapat beberapa maskapai pesawat yang menuju Sinabang Lasikin (bandara Simeulue), tetapi untuk saat ini hanya tersisa 1 maskapai yang masih beroperasi, yaitu Susi Air. Kalian bisa naik pesawat dari banda aceh maupun medan, tetapi ada perbedaan harga tiket yang cukup signifikan antara aceh dan medan. Harga tiket pesawat dari Aceh adalah ± Rp 500.000,- sedangkan dari medan ± Rp 1.000.000,-. Harga dari aceh lebih murah karena merupakan penerbangan perintis dan mendapat subsidi dari pemerintah provinsi Aceh. Waktu tempuh perjalanan ± 2 jam. Pesawat dari medan beroperasi 3 kali sehari, sedangkan dari Aceh hanya beroperasi 3 kali seminggu, harinya kalau tidak salah Senin, Rabu dan Jum'at.

Ya itulah transportasi yang bisa menjadi pilihan utama untuk menuju keindahan surga bahari di barat daya Indonesia. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Penampakan Simeulue Island, foto ini saya ambil dari kapal


Selasa, 25 Maret 2014

Selamat jalan sahabat

Diposkan oleh Hastanti S Putri di 13.56 0 komentar Link ke posting ini
Selamat jalan sahabat terbaik, Anggraeni Dias Setyowati (1990 - 2014)

Foto terakhir kita berdua

Masih ga percaya kalau lo ternyata udah ga ada yas, semalem gue ga bisa tidur, keinget lo, waktu main kekosan gue terakhir kali. Maaf banget selama ini belum bisa jadi sahabat yang baik, ga bisa sering nengokin lo, terlalu sibuk dengan urusan gue sendiri, sampe ga sadar lo bener-bener capek dan sakit. Maaf kalau sehari sebelum lo pergi gue ga bisa ngangkat telp lo, dan gue nyesel kenapa gue ga nelpon lo balik yas. Gue ga tau kalau lo mau pamit, maaf yas. Beberapa jam sebelum lo pergi entah tiba-tiba gue pengeeeen banget ngehubungin lo, tapi karena udah malem jadi gue mengurungkan niat gue takut lo lagi istirahat dan memutuskan untuk ngesms lo paginya. Tapi ternyata lo malem itu istirahat selamanya.

Bahagia banget waktu lo di RS dan nyokap lo cerita kalo akhir tahun ini lo bakal married. Alhamdulillah akhirnya hari itu datang juga. Bahkan gue udah nyari-nyari tiket buat ke jakarta pas nikahan lo nanti. Tapi Allah punya kehendak lain.

Lo itu wanita tegar yang gue kenal, satu-satunya orang yang gue percaya sebagai tempat berbagi. Masih inget kan dulu gue pengen bareng penempatan sama lo, biar nanti ada yang gue ajak main. Tapi ternyata takdir berkata lain. Gue masih inget lo makan bakso di kosan gue, karena lo lagi pengen banget maen dan makan bakso. Lo itu sahabat terbaik dan dewasa yang akan memberikan gue saran yang bijak banget saat gue lagi galau segalau-galaunya.

Tapi gue malah akhir-akhir ini terlalu sibuk sama urusan gue dan ngacangin lo. Maaf yas, maaf, gue terlalu egois dengan gue sendiri, sampe ga bisa sering jengukin lo, ngehubungin lo. Gue ga ngeh kalo lo sakitnya semakin parah, maaf yas.

Mungkin memang ini yang terbaik. Kita sayang sama lo. Tapi, Allah lebih sayang sama lo yas, biar lo ga ngerasa sakit lagi, ga ngerasa sedih lagi. Semoga Allah melindungi lo disana yas. Gue cuma bisa nitip salam sama Allah untuk ngejaga lo disana.

Selamat jalan sahabat terbaik :")

Kamis, 31 Oktober 2013

Penempatan

Diposkan oleh Hastanti S Putri di 11.26 2 komentar Link ke posting ini
Sebenarnya udah lama gue pengen nulis tentang penempatan, tapi entah kenapa mood ga pernah mau bersahabat.

"Penempatan" kata-kata yang sebenarnya ga mau gue dengar, tadinya gue berpikir gue udah siap, tapi ternyata belum ...

"Penempatan" kata-kata yang belum siap gue dengar itu akhirnya keluar juga, saat dimana akhirnya gue harus meninggalkan tempat ini, untuk sampai waktu yang tak gue tau. Sedih, ya itu hal yang pertama yang ada di pikiran gue saat pengumuman itu keluar. Tempat itu asing, gue bahkan ga pernah tau ada tempat seperti itu. Dari kecil gue ga pernah berpikir gue akan keluar dari kota ini, tapi akhirnya perlahan-lahan orang di sekitar gue keluar dari tempat ini, keluarga kecil gue pindah dari sini, dan kemudian gue akhirnya menyusul pergi, bukan ketempat yang sama, justru tempat yang bersebrangan.

Kabupaten Simeulue

Kabupaten Simeulue, yang berwarna merah dipeta itu adalah tempat gue tinggal nantinya. Jauh kan? ga pernah terbayang sebelumnya kalau gue akan berada disana. Yang gue pikirkan adalah, bagaimana kalo gue mau pulang? mau ketemu orang tua gue, mau ketemu pacar gue, mau ketemu temen-temen gue? Apalagi kalo gue mikirin tentang tsunami, gue ga bisa berenang, makin sedih lah gue. Awalnya saat gue mendapat pengumuman itu, yang gue lakukan adalah menangis semalaman, meluapkan semua beban. Setelah gue tenang, langkah selanjutnya yang gue lakukan adalah searching gimana tempat itu. Dan setelah gue searching hasilnya adalah ...

Salah satu pantai di pulau simeulue

Bagus kan pantainya? ternyata disana itu surganya bahari. Dimana banyak pantai-pantai yang indah dan bagus banget buat surfing, dan ternyata disana juga udah ada bandara kecil, jadi kalau mau ke medan cuma 10menit *katanya* kalo cuaca terang. Yah anggap saja ini liburan panjaaang. Nantikan kisah selanjutnya saat saya sudah berada disana yah. Wish me luck :)

Me vs Cha Eun Sang

Diposkan oleh Hastanti S Putri di 10.59 0 komentar Link ke posting ini
Akhir-akhir ini gue menonton drama korea The Heirs, yang diperankan oleh Lee Min Ho dan Park Shin Hye. Di film itu ada tokoh utama Cha Eun Sang yang diperankan oleh Park Shin Hye. Semakin kesini gue melihat kesamaan antara tokoh itu dan gue. Bukan kisah percintaannya, tapi kehidupannya, dimana selalu "bekerja sambilan" setiap hari. Seperti halnya gue yang bekerja sambilan dimana-mana, setiap harinya gue berangkat pagi pulang malam. Karena sepulang kerja gue harus mengajar.

Lelah kadang, tapi itu hidup. Kalau gue santai, mungkin saja gue ga bisa hidup. Hidup itu perjuangan, sekali pun melelahkan, ya kamu tetap harus berjuang!
 

Atagraphia Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review